Skip to main content

Masukkan nomor hadits dari 1 sampai 7008

Kitab: Mandi

Bab: Memulai mandi junub dengan menggosok kepala bagian kanan

حَدَّثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ عَنْ الْحَسَنِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ صَفِيَّةَ بِنْتِ شَيْبَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كُنَّا إِذَا أَصَابَتْ إِحْدَانَا جَنَابَةٌ أَخَذَتْ بِيَدَيْهَا ثَلَاثًا فَوْقَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَأْخُذُ بِيَدِهَا عَلَى شِقِّهَا الْأَيْمَنِ وَبِيَدِهَا الْأُخْرَى عَلَى شِقِّهَا الْأَيْسَرِ

Terjemahan/Arti Hadits:

Telah menceritakan kepada kami Khallad bin Yahya[1] berkata, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Nafi'[2] dari Al Hasan bin Muslim[3] dari Shafiyah binti Syaibah[4] dari 'Aisyah[5] berkata, "Jika salah seorang dari kami mengalami haid, maka ia mengambil air dengan kedua tangannya dan disiramkan ke atas kepala, lalu mengambil air dengan tangannya dan disiramkan ke bagian badan sebelah kanan, lalu kembali mengambil air dengan tangannya yang lain dan menyiramkannya ke bagian badan sebelah kiri."

Sanad Hadits | Catatan Kaki:

  1. 1] Khallad bin Yahya bin Shafwan, Abu Muhamad, Tabi'ut Tabi'in kalangan biasa, wafat tahun 213 H, hidup di Kufah, wafat di Marur Rawdz.
  2. [2] Ibrahim bin Nafi' , Al Makhzumiy, Abu Ishaq, Tabi'ut Tabi'in kalangan tua, hidup di Marur Rawdz.
  3. [3] Al Hasan bin Muslim bin Yannaaq, Tabi'in kalangan biasa, hidup di Marur Rawdz.
  4. [4] Shafiyah binti Syaibah bin 'Utsman bin Abi Thalhah, Al 'Abdariyyah, Ummu Hujair, Shahabiyah, hidup di Marur Rawdz.
  5. [5] Aisyah binti Abi Bakar Ash Shiddiq, At Taymiyyah, Ummu 'Abdullah, Ummu Al Mu'minin, Shahabat, wafat tahun 58 H, hidup di Madinah, wafat di Madinah.